Selasa, 02 Agustus 2011

MEMAKNAI PUASA

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa
Bulan yang dinanti bagi umat islam adalah bulan Ramadhan. Siapa yang merasa senang dengan kahadiran bulan Ramadhan akan haram baginya masuk neraka. Bulan Ramadhan kali ini tepat pada bulan Agustus, tepatnya tanggal 1 Ramadhan 1432 jatuh pada tanggal 1 Agustus 2011. Ramadhan tahun ini seretak sama. Seperti yang kita ketahui, biasanya ormas islam terbesar di Indonesia yaitu Muhamadiyah dan Nadhatul Ulama’ (NU) berbeda dalam menentukan awal Ramadhan.
Apa puasa itu? Pelajaran yang saya ingat, puasa adalah menahan diri dari hal-hal yang bisa membatalkan puasa (makan, minum, dsb) mulai terbitnya matahari sampai terbenamnya matahari. Rukun puasa ada 2, yaitu pertama niat, niat dilakukan sebelum datang waktu imsak, biasanya diucapkan/dilakukan setelah teraweh berjamaah. Kedua adalah menahan diri dari yang membatalkan puasa dari terbit matahari sampai terbenamnya matahari (maghrib).
Yang harus kita persiapkan di menghadapi bulan Ramadhan itu tak hanya fisik saja, tapi juga ilmunya. Kalau mau puasa harus tahu juga ilmunya, karena jadi tak bernilai ibadah jika tak sesuai dengan ilmunya. Katanya si Uje (ustad jefri) belajarlah ilmu fiqihnya dan tasawuf. Fiqih itu untuk mempelajari dari segi hukumnya, syarat, sunnah dan lainnya. Sedangkan kalau tasawuf itu belajar dari segi maknanya, rohaniahnya.
Setiap bulan puasa yang selalu saya ingat adalah ketika saya pernah ikutan santri musiman. Ikut mondok di salah satu pesantren tradisional di Blitar. Ini pengalaman yang tak terlupakan, mulai awal puasa sampai 20 hari nyantri di pondok yang benar-benar tidak saya bayangkan. Semua terkesan tradisional, pengajaran, santrinya dan lingkungannya. Ngaji kitab kuning seharian pada jam-jam tertentu, tapi saya juga tidak ikut semuanya malah banyak tidurnya :lol: Yang paling terkesan adalah untuk berbuka dan sahur itu masak sendiri. Dengan alat dapur yang gantiaan antar kamar. Sayurannya pun nyari di kebun, langganannya bayem dengan dimasak bening, atau santan dengan ampasnya :D
Bulan Ramadhan itu katanya bulan yang Tuhan lagi obral pahala, bayangkan saja tidur bernilai ibadah, setiap nafas dihitung berdzikir padaNya. Apalagi yang memang bernilai ibadah. Ada banyak sunnah yang bisa dilakukan di bulan Ramadhan. Pelajaran yang saya ingat, bertadarus, memberi berbuka, menyegerakan berbuka dan mengakhirkan sahur dan lain sebagainya. Adzan maghrib adalah satu yang sering ditunggu di bulan ini. Untuk Jadwal Imsakiyak Blitar dan sekitarnya 1432 H/2011 bisa didownload di sini.
30 hari ke depan banyak kesempatan bagi saya (mengingatkan diri sendiri)untuk mencari berkah Ramadhan, berlomba-lomba untuk mengumpulkan pahala. Puasa itu tak hanya menahan makan dan minum tapi juga menahan hawa nafsu. Tidak hanya puasa secara lahiriah saja, tapi rohaniah juga berpuasa. Mencoba untuk melembutkan hati ini yang mungkin sudah mulai mengeras dengan kehidupan duniawi. Selamat menunaikan ibadah puasa.
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post