Senin, 01 Agustus 2011

GAWAT! TERNYATA JUS BUAH BIKIN GIGI RUSAK

 
Salah satu cara agar kita tetap sehat adalah dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan. Buah merupakan salah satu makanan penting yang ada dalam menu sehat seperti menu empat sehat lima sempurna. Banyak sekali kandungan nutrisi yang ada di dalam buah, seperti vitamin, mineral, protein, kalsium, serat, dan kandungan lainnya.
Kalau kita malas makan buah, kita sudah ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengkonsumsi buah, misalnya dengan selai buah, es buah dan jus buah. Namun biasanya di dalam jus buah ada kandungan tambahan berupa gula. Walaupun sehat, tetapi kalau kebanyakan gula bisa membuat badan kita kurang baik.

Kandungan gula tambahan dalam minuman jus buah dapat membuat berat badan kita bertambah, jadi buat yang mau melakukan diet ataupun yang ingin detoks tubuh, kalau mau minum jus buah sebaiknya yang tanpa gula. Selain itu juga kandungan gula lama kelamaan juga bisa membuat gigi kita menjadi rusak.
Gigi merupakan salah satu organ tubuh kita yang penting. Kandungan gula yang ada di dalam jus buah dapat membuat gigi kita menjadi kurang sehat, apalagi kalau ada kandungan asamnya juga, bisa-bisa membuat enamel gigi kita menjadi rusak.
Sebaiknya setelah minum jus buah, jangan langsung sikat gigi kita, soalnya waktu kita minum jus buah yang ada kandungan gula maupun asam, maka enamel gigi kita akan menjadi lunak. Jika kita menyikat gigi langsung setelah minum jus, maka enamel gigi kita menjadi mudah rapuh dan rusak.
Salah satu jenis buah yang memiliki kadar asam tinggi adalah buah jeruk. Di dalam jus jeruk ini, kadar asamnya sangat tinggi sehingga memiliki kemungkinan besar dapat menyebabkan kondisi gigi kita menjadi rapuh seperti halnya dengan kita meminum minuman bersoda.

Memang kadar asam dapat membuat kondisi gigi kita menjadi kurang sehat dan mudah rapuh, namun asam tersebut tak hanya dari minuman jus buah saja, tetapi bisa juga dari makanan. Makanan sisa yang ada di dalam mulut kita dapat menimbulkan kadar asam larut yang tinggi dan tentunya kurang baik untuk kesehatan gigi kita.
Jadi, mulai dari sekarang, sebaiknya perhatikan kondisi kesehatan gigi kita ya.. khususnya untuk kaum wanita juga, karena katanya kalau wanita yang memiliki kondisi gigi sehat sejak kecil, bisa jadi lebih cepat memiliki momongan. Semoga informasi ini berguna dan bermanfaat buat kita semua ya, tetaplah memakan buah-buahan, namun jangan terlalu banyak gulanya ya.. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Post